5 Aplikasi Virtual Classroom Terbaik untuk Belajar di Rumah

5 Aplikasi Virtual Classroom Terbaik untuk Belajar di Rumah

  • Post author:
  • Post category:artikel / guru

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat untuk dunia pendidikan , Pandemi Covid-19 mengharuskan proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah . Keterbatasan jarak ruang dan waktu mengharuskan guru berfikir kreatif bagaimana pembelajaran dilaksanakan senyata mungkin tanpa mengurangi kualitas pembelajaran.

Seiring berkembangnya zaman teknologi berkembang pesat terutama di dalam dunia pendidikan , aplikasi Virtual Classroom diciptakan untuk menggantikan pembelajaran tatap muka yang harapannya aplikasi tersubut dapat memberikan pengalaman pembelajaran untuk guru maupun siswa itu senidi.

Berikut, Aplikasi Virtual Classroom yang dapat Bapak Ibu guru gunakan selama pembelajaran jarak jauh.

4 Tips Guru Naik Pangkat

1. Edmodo

Edmodo merupakan platform education network berbasis Learning Management System (LMS) yang menghubungkan antara guru dan siswa didalam proses pembelajaran. Aplikasi ini menawarkan alat komunikasi , pembinaan dan kolaborasi untuk guru dan sekolah (K-12) untuk berbagi konten , mendistribusikan kuis , tugas dan mengelola komunikasi dengan siswa , kolega dan orang tua. Selain itu ada banyak fitur yang dapat guru manfaatkan diantaranya fitur polling, gradebook , quiz , file and link , library , assigment , award badge dan parent code yang daoat digunakan belajar-mengajar yang efektif dan terorganisir.

Pelatihan non member e-guru bisa di cek di : https://e-guru.id/pelatihan

2. SEVIMA EdLink

Aplikasi ini juga tak kalah dengan edmodo dengen fitur yang tidak jauh beda . Aplikasi ini juga bisa membuat forum diskusi , membagikan materi belajar , memberikan tugas dalam kelas yang nantinya jawabannya dapat dilihat oleh peseta didik yang lain dan pendidik itu sendiri selain itu ada juga pesan pribadi serta pengadaan survei yang dapat guru manfaatkan .

Pelatihan non member e-guru bisa di cek di : https://e-guru.id/pelatihan

3. Google Classroom

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan besar yaitu Google yang mana fitur dari aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi google yang lain , yang pastinya masih banyak fitur yang dapat guru manfaatkan seperti Kalender yang disesuaikan oleh pendidik dan peserta didiknya . selain itu terintegrasi dengan Google Drive dapat digunakan untuk penyimpanan materi pembelajaran dan masih banyak lagi web learning yang teringrasi dengan google classrom ini , seperti aplikasi Qizizz.

Pelatihan non member e-guru bisa di cek di : https://e-guru.id/pelatihan

4. Schoology

Schoology adalah aplikasi belajar virtual bagi sekolah mulai dari SD-SMA (K-12) serta perguruan tinggi. Aplikasi ini memungkinkan oengguna untuk membuat mengelola serta berbagi konten akademik. Schoology dikenal sebagai sistem manajemen pembelajaran atau Learning Managemen System (LMS) selain itu aplikasi ini juga sering digunakan untuk manajemen kursus pelatihan perusahaan , fitur utama aplikasi ini memungkinkan kolaborasi dengan absensi agar pendidik tau peserta didik mengikuti pembelajaran atau tidak.

Pelatihan non member e-guru bisa di cek di : https://e-guru.id/pelatihan

5. Class Dojo

Dari sekian aplikasi yang ada Class Dojo adalah aplikasi yang paling bikin betah karena tampilan yang menarik sehingga siswa dapat belajar lebih giat .aplikasi ini juga dapat membantu pendidik untuk memonitoring perilaku siswa secara digital . Aplikasi ini juga memungkinkan pendidik untuk memotivasi siswa agar menumbuhkan sikap positif . Guru dapat memberikan tantangan kepada peserta didik dengen memberikan pertanyaan . Respon siswa akan secara otomatis disusun oleh sistem Class Dojo kemudian ditampilkan dalam bentuk perilaku/sikap .

Pelatihan non member e-guru bisa di cek di : https://e-guru.id/pelatihan