6 CONTOH ICE BREAKING VIRTUAL YANG DAPAT GURU COBA!!! DIJAMIN PEMBELAJARAN ASIK

6 CONTOH ICE BREAKING VIRTUAL YANG DAPAT GURU COBA!!! DIJAMIN PEMBELAJARAN ASIK

e-Guru.id – Guru dalam melaksanakan pembelajaran melakukan berbagai cara agar siswa betah dengen pelajaran yang diberikan , apa akibatnya pembelajan sekarang ini yang dilakukan secara daring??? Pastinya sangat membosankan bukan , yang mana kegiatan belajar siswa dilakukan secara monoton hari demi hari hadir di depan laptop atau smartphone untuk mendengarkan materi dari guru , belum lagi tugas yang diberikan banyak , menambah kebosanan pesera didik dalam mengikuti pelajaran.

Guru harus menggunakan media pembelajaran yang tepat selain itu guru harus menggunakan metode yang sesuai dengen karakter peserta didik , ada cara yang dapat dilakukan guru dalam melakukan pembelajaran agar tidak bosan yaitu ice breaking , disela-sela pelajaran guru juga bisa menyempatkan memberikan ice breaking agar siswa tidak jenuh .

Mau tau ide ice breaking yang dapat guru gunakan di saat pembelajaran daring , simak penjelasan berikut:

1. Apa yang aneh ? (Whats wrong)

Caranya simple , anda cukup memperlihatkan gambar lalu anda meminta peserta didik memperhatikan apa yang aneh dari gambar tersebut , Gambarnya silahkan cari di google picture dengen keyword “What’s Wrong This Picture Games” atau “Find the mistake picture game” . Silahkan cari gambar yang anda inginkan , sesuaikan dengen pesertta didik ya. Berikut salah satu gambar yang bisa kamu coba.

Minta anak-anak menjelaskan mengapa hal itu menurut mereka aneh dan bagaimana seharusnya? Untuk mengatur suasana agar kondusif, kita bisa meminta mereka untuk diam dan bergiliran mengutarakan pendapat.

2. Tebak Gambar

Untuk membuat permainan seperti ini tak jauh beda dengen yang sebelumnya , anda cukup mencari gambar gi google picture kemudian sesuaikan dengen ketertarikan peserta didik , kalo peserta didik suka Super Hero , silahkan sajikan gambar seperti Iron Man , Captain Amerika atau yang sejenisnya, anda bisa mencari gambar seperti berikut.

3. Riddle atau Teka-teki

Permainan yang satu ini cukup aman ya , anda juga bisa pakai ini sekalipun di kelas offline . Coba cari teka-teki logika seperti matematika , untuk mempermudah silahkan untuk menggunakan gambar saja , anda bisa membuatnya sendiri atau cari di internet seperti gambar berikut.

Anda juga bisa mengembangkan lebih kreatif seperti teka-teki detektif , referensi di internet sangat banyak dan berbagai varin seperti dalam bentuk video , dan ini pastinya sangat asik untuk di mainkan , tunggu apa lagi ayo dicoba!

4. Saya melihat… (I Spy…)

Permainan yang satu ini sangat menarik untuk dicoba , pertama-tama anda meminta semua peserta mengaktifkan kamera mereka masing-masing kemudian tugas anda mencari salah satu objek disalak satu frame video peserta didik seperti “Saya melihat bunga warna hijau” tugas peserta didik yaitu mencari dimana letak bunga berwarna hijau , kemudian permainan di roling ke peserta yang berhasil menebak dengen benar.

5. Beritung ala Running Man

Permainan ini mungkin sudah biasa dilakukan ketika kelas offline , tetapi mungkin bisa menjadi salah satu alternative ice breaking . Cara mainnya semua peserta dihitung berapa jumlahnya , setelah itu peserta didik diminta untuk berhitung terserah dari angka berapa , peserta tidak boleh mengucapkan bersamaa dengen teman lainnya.

  • Berhitungnya tidak ada urutan, jadi siapapun boleh mulai dan melanjutkan perhitungannya.
  • Berhitung hanya boleh dilakukan sendiri, jadi jika ada yang melakukan bersama-sama, maka permainan akan dimulai dari awal.

6. Tiga Kata

Permainan ini seperti membuat kata berantai , dimulai dari kesepakatan bersama mengenai topik yang akan di mainkan seperti , makanan , sekolah , hewan , pekerjaan . kemudian peserta menyumbangkan 1 kalimat yang terdiri dari tiga kata sesuai topik yang sudah di tentukan di awal.

Itulah beberapa ide membuat ice breaking secara virtual , semoga bisa menginspirasi guru dalam berkreasi menyesuaikan dengen situasi yang ada dalam proses pembelajaran.

sumber : https://theperkyteacher.wordpress.com/